SEJARAH DAN LATAR BELAKANG

Kota Dumai adalah sebuah kota di Provinsi Riau, Indonesia, sekitar 188 km dari Kota Pekanbaru berada di tepi pantai timur Pulau Sumatera berbatasan dengan Malaysia. juga memiliki pelabuhan yang bisa dijadikan sebagai portal untuk menuju negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Kota Dumai adalah kota dengan wilayah administrasi terluas ketiga di Indonesia, setelah Kota Palangka Raya dan Kota Tidore Kepulauan. Kota ini berawal dari sebuah dusun kecil di pesisir timur Provinsi Riau dengan luas lebih kurang 50 Km persegi.

Yang terdiri dari 7 kecamatan yaitu :
1. Dumai Barat, dengan kelurahan:

o Bagan Keladi
o Pangkalan Sesai
o Purnama
o Simpang Tetap Darul Ichsan

2. Dumai Timur, dengan kelurahan:

o Bukit Batrem
o Buluh Kasap
o Jaya Mukti
o Tanjung Palas
o Teluk Binjai

3. Bukit Kapur, dengan kelurahan:

o Bagan Besar
o Bukit Kayu Kapur
o Bukit Nenas
o Gurun Panjang
o Kampung Baru

4. Medang Kampai, dengan kelurahan:

o Guntung
o Mundam
o Teluk Makmur
o Pelintung

5. Sungai Sembilan, dengan kelurahan:

o Bangsal Aceh
o Basilam Baru
o Batu Teritip
o Lubuk Gaung
o Tanjung Penyembal

6. Dumai Kota, dengan kelurahan:

o Laksamana
o Rimba Sekampung
o Bintan
o Dumai Kota
o Sukajadi

7. Dumai Selatan, dengan kelurahan:

o Bukit Timah
o Mekar Sari
o Bumi Ayu
o Ratu Sima
o Bukit Datuk

Kecamatan Dumai Barat yang terletak di Bagian Barat Wilayah Kota Dumai, dan merupakan Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Lainnya. Sejak berdirinya Kecamatan Dumai Barat dalam perkembangannya semakin pesat hal ini terlihat sepuluh tahun terakhir. untuk menunjang perkembangan pembangunan Kota Dumai maka perlu adanya Siaran Radio sebagai wadah Informasi dan Hiburan bagi Masyarakat dan sebagai Siaran Radio Mitra Pemerintah Kota Dumai.

Mempertimbangkan usulan dari Organisasi Masyarakat, LSM dan pihak lain yang mendukung pendirian Radio Swasta sebagai Mitra Masyarakat di Kec. Dumai Barat maka timbul keinginan untuk mendirikan sebuah stasiun Radio Swasta, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan tersebut.

Berbekal beberapa pengalaman sebagai Penyiar di beberapa Radio Swasta serta melihat prospek dan Kontribusi Radio BASFERA FM kedepan di Kecamatan Dumai Barat, hal ini menguatkan kami untuk mendirikan Stasiun Radio Swasta di Kecamatan Dumai Barat.

Sehubungan dengan adanya stasion Radio yang sa’at ini yang hidup
diantaranya ;

1.Dumai Kota ada 2 stasion Radio, Dumai FM dan CDS FM,
2.Dumai Selatan ada 1 stasion, Shine FM
3.Dumai Timur ada 1 station Melaka FM
4.Bukit Kapur masih Kosong
5.Medang Kampai Masih kosong
6.Dumai Barat Masih kosong
7.Sungai sembilan Masih kosong

Dengan memperhatikan stasion radio yang ada di Kota Dumai ada 4 kecamatan yang belum terisi oleh stasion radio. Sementara memperhatikan dan mempertimbangkan media informasi untuk masyarakat kota Dumai yang kosong saat ini Dumai Barat dengan ini kami berkeinginan mendirikan Stasion Radio tersebut, demi membangun nusa dan bangsa di era globalisasi ini. Dan juga siaran radio yang ada di kota Dumai ini masih banyak siaran luar negeri, oleh sebab itu kami kepingin menyaingi siaran luar negeri, apalagi dekat dengan perbatasan luar negeri yaitu Malaka Malaysia hanya 2.5 jam sudah nyampai di Malaka Malaysia.

Perbincangan saya dengan orang tua saya bersama Keluarga mengenai pendirian stasiun Radio Swasta di Kec. Dumai Barat yang berlokasi di Jalan Nuri No 36 Purnama. Menjadi hal positif sebabnya Di Kecamatan Dumai Barat belum ada stasion Radio di Kecamatan tersebut dan sekarang semakin padatnya perusahaan perusahaan yang besar seperti CPO PT WILMAR, PT SEMEN PADANG dan sebagainya.

Berdirinya Radio BASFERA FM tidak terlepas dari melihat kondisi masyarakat Kecamatan Dumai Barat yang majemuk, dengan sumber daya alam yang berupa minyak bumi dan perkebunan sawit telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ada di Indonesia, untuk datang dan tinggal di Kecamatan Dumai Barat, baik sebagai karyawan perusahaan, berdagang dan sebagainya. Melihat kondisi ini, Radio BASFERA FM, ingin hadir sebagai salah satu media hiburan dan informasi dan sebagai Mitra di tengah multi etnik yang ada di Kecamatan Dumai Barat, dengan menghadirkan berbagai program dan informasi yang secara maksimal dapat menjadi sarana hiburan, pendidikan dan informasi.